Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa.
Perilaku konsumen adalah suatu hal
yang dilakukan oleh konsumen dalam mencari produk atau jasa yang
diinginkan, membeli barang atau jasa, kemudian mengevaluasi barang atau
jasa, menilai, dan menggunakan suatu produk atau jasa dalam memenuhi
kebutuhannya dan memuaskan diri dengan produk atau jasa tersebut.
perilaku konsumen dalam perdagangan sangat lah berpengaruh, karena para
produsen juga melihat apa yang dibutuhkan konsumen maka itu lah yang
akan di produksi.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen, antara lain:
Faktor Individu yang meliputi : keadaan ekonomi, gaya hidup, brand image dan kepribadiannya.
Pengaruh Lingkungan yang meliputi : keluarga, budaya, kelas sosial dan group tatap muka.
Marketing Strategy yang meliputi : produk pasar, periklanan, harga pasar, dan pendistribusian.
Ada pendekatan-pendekatan yang dilakukan untuk mempelajari tingkah laku konsumen :
Pendekatan Marginal Utility (Cardinal)
Pendekatan
Marginal Utility (Cardinal) adalah kepuasan konsumen yang dapat diukur
dengan satuan ukur misalnya: panjang, berat, dan uang.
Pendekatan Indifference Curve (Ordinal)
Pendekatan
Indifference Curve (Ordinal) adalah kepuasan konsumen tidak dapat
diukur dengan satuan ukur tapi bisa dibandingkan dengan tingkat kepuasan
setelah memakai suatu barang atau jasa.
Elastisitas adalah suatu
konsep untuk memahami permasalahan perubahan perekonomian. Didalam
elastisitas terdapat dua macam, yaitu elastisitas permintaan dan
elastisitas penawaran. Dari kedua macam elastisitas tersebut terdapat
tiga jenis elastisitas, yaitu elastisitas harga, elastisitas silang dan
elastisitas pendapatan.
Berdasarkan penjelasan diatas maka
dapat disimpulkan bahwa seorang konsumen dalam memakai atau menggunakan
suatu barang atau jasa dapat dinilai dari satuan ukuran maupun dari
tingkat kepuasan setelah memakai barang atau jasa tersebut. Terdapat
juga elastisitas yang berguna untuk memahami permasalahan perubahan
perekonomian.
0 komentar:
Posting Komentar